عرض الترجمات الإندونيسية
عِلْمُ المَنْطِقِ
Indonesia Ilmu Mantik, Ilmu Logika
مَجْمُوعَةُ قَوَاعِدَ وَمَفَاهِيمَ ذِهْنِيَّةٍ لِضَبْطِ طَرِيقَةِ التَّفْكِيرِ فِي مَعْرِفَةِ المَعَانِي وَالاسْتِدْلاَلِ بِصُورَةٍ مُسْتَقِيمَةٍ.
Indonesia Kumpulan kaidah-kaidah dan konsep-konsep rasional untuk mengatur cara berpikir dalam mengetahui makna-makna dan menyimpulkannya dengan cara yang benar.
المَنْطِقُ عِبَارَةٌ عَنْ عِلْمٍ يَضَعَ قَوَانِينَ يُقَاسُ بِهَا الآرَاءُ لِيُعْرَفَ الصَّحِيحُ مِنَ الفَاسِدِ، وَعِلْمُ المَنْطِقِ لَهُ قِسْمَانِ: الأَوَّلُ: يَبْحَثُ فِي كَيْفِيَةِ صِنَاعَةِ التَّصَوُّراتِ، أي إدراك المُفرداتِ وتعريفاتُها، وَأَبْرَزُ مَبَاحِثِهِ شَيْئَانِ: الأول: الأَلْفَاظُ وَأَنْواعُهَا وَأَقْسَامُهَا وَهِيَ مَبَادِئُ التَّصَوُّراتِ، وَالثَّانِي: التَّعْرِيفَاتُ وَشُرُوطُهَا وَشُرُوحِ الأَقْوَالِ وَتَفَاصِيلُهَا وَهِيَ مَقَاصِدُ التَّصوُّراتِ. الثَّانِي: يَبْحَثُ فِي التَّصْدِيقَاتِ، وهو إدراكُ النِّسبةُ بينَ المُفرَدَينِ، وَكَيْفِيَةِ إِضَافَةِ الأَحْكَامِ وَالاسْتِدْلاَلِ عَلَيْهَا. عِلْمُ المَنْطِقِ مِنَ العُلُومِ التي حَدَثَتْ بَعْدَ عَهْدِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِينَ، بَعْدَ افْتِتَاحِ بِلَادِ الفُرْسِ وَالرُّومَانِ، حَيْثُ انْتَشَرَتْ كُتُبُ الفَلَاسِفَة، وَقَدْ أَدْخَلَ عَلَى المُسْلِمِينَ بَلَاءً، حَتَّى أَوْصَلَهُمْ إِلَى أَنْ يَقُولُوا عَلَى اللهِ مَا لَا يَعْلَمونَ، وَيُنْكِرُوا عَلَى اللهِ مَا وَصَفَ بِهِ نَفْسَهُ. وَقَدْ اخْتَلَفَ العُلَمَاءُ رَحِمَهُمْ اللُه فِيهِ، فَمِنْهُمْ مَنْ حَرَّمَهُ، وَمِنْهُمْ مَنْ قَالَ: يَنْبَغِي أَنْ يُتَعَلَّمَ، وَمِنْهُمْ مَنْ فَصَّلَ، فَقَالَ: مَنْ كَانَ عِنْدَهُ عِلْمٌ وَعَقِيدَتُهُ قَوِيَّةٌ فَإِنَّهُ يَنْبَغِي أَنْ يَتَعَلَّمَهُ لِيَغْلِبَ بِهِ أَصْحابِ الكَلاَمِ، وَمَنْ لَمْ يَكُنْ كَذَلِكَ فَلَا يَتَعَلَّمَهُ؛ لِأَنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ نَزَّلَ الكِتَابَ تِبْيَاناً لِكُلِّ شَيْءٍ، فَلَا يَحْتَاجُ النَّاسُ إِلَى شَيْءٍ بَعْدَ كِتَابِ اللهِ وَسُنَّةِ نَبِيِّهِ عَلَيْهِ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ.
Indonesia Mantik adalah sebuah ilmu yang menerapkan kaidah-kaidah yang digunakan untuk menganalogikakan berbagai pendapat sehingga dapat diketahui pendapat yang valid dan yang rusak. Ilmu Mantik terbagi dua bagian: Pertama: Membahas metode pembentukan persepsi, yaitu pengetahuan arti kata-kata dan pengertiannya. Kajiannya yang paling menonjol ada dua: 1. Lafal-lafal, jenis dan pembagiannya. Ini disebut prinsip-prinsip persepsi. 2. Definisi-definisi, syarat-syarat, penjelasan berbagai pendapat, dan cabang-cabangnya secara mendetail. Ini adalah tujuan-tujuan persepsi. Kedua: Membahas cara-cara menjustifikasi, menyandarkan hukum dan cara menyimpulkannya. Ilmu mantik termasuk ilmu-ilmu yang muncul pada zaman setelah sahabat dan tabi'in, setelah pembebasan negara Persia dan Romawi, ketika itu tersebar buku-buku filsafat. Ilmu ini telah merusak orang-orang Islam sehingga sampai-sampai mereka membuat statemen tentang Allah tanpa ilmu, mengingkari sifat-sifat yang Allah tetapkan untuk diri-Nya. Para ulama -raḥimahumullāhu- berbeda pendapat tentang ilmu ini. Diantara mereka ada yang mengharamkannya. Dan ada juga yang mengatakan sebaiknya dipelajari. Ada juga yang merinci pendapatnya dengan mengatakan: siapa yang memiliki ilmu dan akidahnya kuat maka selayaknya dia mempelajarinya untuk mengalahkan orang-orang ilmu kalam; namun siapa yang tidak demikian keadaannya maka tidak selayaknya dia mempelajarinya, karena Allah 'Azza wa Jalla telah menuruntkan Kitab-Nya sebagai penjelas bagi segala sesuatu, sehingga manusia tidak membutuhkan hal lain setelah adanya Kitab Allah dan Sunnah Nabi -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam-.
يَرِدُ مُصْطَلَحُ (عِلْمِ المَنْطِقِ) فِي بَابِ نَشْأَةِ أُصولِ الفِقْهِ ، وَبَابِ الجَدَلِ وَالمُنَاظَرَةِ.

التوقيف على مهمات التعاريف : (ص679) - المحصول : (219/1) - روضة الناظر وجنة المناظر : (64/1) - التعريفات للجرجاني : (ص321) - كشف الظنون عن أسامي الكتب والفنون : (1862/2) - المهذب في أصول الفقه المقارن : (34/1) - مقاصد الشريعة الإسلامية : (ص283) - المستصفى : (399/2) - مقدمة ابن خلدون : (1069/3) -